Saat ini banyak sekali jejaring sosial yang bermuculan, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain-lain. Banyak orang yang mengunakan identitas palsu atau bisa disebut anonim untuk mendaftrakan diri / menjadi penguna aktif dari salah satu jaringan sosial. Antaralain faktor-faktor yang membuat seseorang mengunakan identitas palsu adalah untuk menutup jejak didunia maya, dan menjaga repotasi harga diri. Dimana seseorang ingin meluapkan emosinya didunia maya, tanpa diketahui oleh orang lain siapa dia sebenarnya.
Contohnya karakteristik seseorang akan telihat berbeda, ketika dia berada didunia nyata dengan saat dia berada di jejaring sosial. Saat didunia nyata mungkin dilihat karakternya sangat pendiam dan tidak mudah bergaul atau tidak asik untuk diajak berbicara, namun lain halnya saat didunia maya. Karakter dia menjadi anak yang mudah bergaul dan asik untuk diajak bebicara.
Ditinjau dari aspek psikologi, internet berdampak negatif karena bisa menimbulkan kecanduan pada game online, cybersex, role-playing fantasi bahkan bullying, pedhophilia dan lain-lain.
B. Aspek Demografi dari Individu Pengguna Internet
1. Gender
Dampak positif:
1. Informasi untuk pekerjaan, resep makanan bagi ibu rumah tangga.
2. Tempat bisnis bagi wanita yaitu dengan online shop.
3. Internet juga menawarkan aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu.
Dampak negatif:
1. Kejahatan di dalam dunia maya
2. Pornografi
3. Kekejaman
dan Kesadisan
4. Penipuan
5. Penipuan
belanja online
6. Perjudian
7. Mengurangi sifat sosial manusia
2. Usia
Dampak positif :
1. Memudahkan anak mendapatkan informasi dengan lebih
cepat.
2. Anak dapat mengenal serta menjalin komunikasi dengan berbagai
orang dari belahan dunia.
3. Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak.
3. Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak.
Dampak negatif :
1. Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang
didapatnya dari dunia.
2.
Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak
sedikit anak-anak tidak sabar dalam menghadapi kelambatan dan
kesulitan.
3.
Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya
sosialisasi anak pada teman-temannya karena lebih menyukai
menyendiri dengan permainan teknologinya.
3. Budaya
Pada masa sekarang, pesatnya kemajuan tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di
Indonesia. Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang
harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing
dengan Negara lain.
Keterkaitan manusia dengan internet dalam bidang budaya adalah kita dapat
memanfaatkan internet untuk menyebarkan budaya yang ada di Indonesia.
Dampak positif:
1. Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
2. Memudahkan pekerjaan manusia.
3. Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien
1. Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
2. Memudahkan pekerjaan manusia.
3. Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien
Dampak negatif:
1.
Masuknya budaya asing yang tidak baik.
2.
Lupa akan waktu
3.
Merosotnya nilai moral
http://anisatriananda.blogspot.co.id/2014/11/tugas-softkil-ke-2-aspek-psikologis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar